Tuesday, October 18, 2011

Tujuan Dan Manfaat Analisa Keuangan

Mengapa kita perlu melakukan analisa keuangan secara rutin? Tentu saja merupakan pekerjaan yang sangat merepotkan bila kita harus membuat pembukuan yang rinci dalam suatu laporan keuangan professional yang mencakup semua alokasi keuangan perusahaan, sumber pendapatan, besarnya kewajiban, aktiva, dan jumlah penjualan yang dibukukan dalam satu periode waktu tertentu. Tentu saja akan dibutuhkan banyak data dan obeservasi untuk membuat analisa keuangan yang rinci. Kenapa setiap perusahaan mau repot-repot merapatkan dan membukukan analisa keuangan secara rutin?

Manfaat analisa keuangan sangat besar kaitannya dengan kemajuan dan masa depan perusahaan tersebut. Bisa dikatakan bahwa hasil analisa terhadap laporan keuangan perusahaan mempengaruhi keputusan manajemen dan operasional perusahaan tersebut. Tidak hanya berupa kebijakan soal anggaran dan alokasi dana saja. Selain itu, perusahaan dapat membuat strategi manajemen yang lebih baik, seperti penentuan kebijakan strategi marketing, kebijakan jumlah barang dan harga yang di produksi, keputusan untuk menentukan kebijakan pembelian, bahkan sampai keputusan untuk menerbitkan saham perusahaan.

Pada dasarnya suatu perusahaan membuat analisa keuangan demi menilai kinerja dan perkembangan usaha mereka sendiri yang meliputi seluruh aturan dan kebijakan perusahaan. Terdapat empat indicator dasar penilaian laporan keuangan, yaitu: profitabilitas (kemampuan menghasilkan laba), Solvabilitas (kemampuan membayar kewajiban), likuiditas (kemampuan membayar aktiva lancar), dan stabilitas (daya kestabilan perusahaan dalam mempertahankan usahanya).

Analisa jasa keuangan tidak hanya digunakan untuk mengukur keadaan perusahaan masa kini saja. Anda juga bisa membuat analisa keuangan untuk menilai kinerja di masa lalu bahkan memprediksi kinerja di masa depan (kaitanya dengan target perusahaan).

Dalam melakukan analisa keuangan, biasanya perusahaan menggunakan jasa professional. Merekalah yang akan mengerjakan semuanya termasuk memberikan laporan intrepertasi data dan menjelaskannya terhadap Anda. Anda bisa mengajak mereka untuk berdiskusi mengenai referensi, solusi, bahkan panduan untuk menyusun rencana manajemen yang lebih baik. Anda bisa mempekerjakan mereka secara tetap maupun kontrak. Namun dalam memilih sebaiknya Anda berhati-hati dan pastikan orang tersebut memang memiliki prestasi yang baik dalam bidang pekerjaannya supaya analisa keuangan yang dibuat pun benar dan sesuai keadaan.

No comments:

Post a Comment